Jumat, 27 November 2020

Cara-Cara Menghemat Energi Listrik

 



Sudah seperti biasa kita selalu hidup berdampingan dengan yang namanya benda elektronik. Ya.., karena benda elektronik sangat dibutuhkan dalam melakukan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Apasih yang berhubungan dengan elektronik? Pasti energi listrik yang dibutuhkan untuk membuat benda elektronik tersebut bisa digunakan. Biasanya agar biaya listrik tidak membengkak karena penggunaan energi listrik yang berlebihan dalam penggunaan benda elektronik, kita harus melakukan penghematan energi listrik. Kami akan membahas 5 cara menghemat energi listrik sebagai berikut.


1. Menggunakan listrik secukupnya bila dibutuhkan

Kita harus menggunakan listrik secukupnya untuk menghemat energi listrik. Jika benda elektronik tersebut sudah tidak dipakai, alangkah lebih baiknya jika dimatikan agar tidak terjadi pemborosan.


2. Membeli dan menggunakan benda elektronik berdaya listrik yang      secukupnya

Cara ini juga dapat dilakukan untuk penghematan energi listrik. Pada saat membeli benda elektronik, carilah benda elektronik yang daya listriknya (watt) cukup kecil (secukupnya, tidak terlalu kecil) dan tetap melihat mutunya juga. Karena semakin kecil daya listrik (watt) yang diperlukan untuk menggunakan benda elektronik tersebut, maka semakin kecil pula energi listrik yang digunakan/terpakai. 


3. Penggunaan benda elektronik dengan waktu yang                                secukupnya/sewajarnya

Sebagai bentuk penghematan energi listrik, kita harus mengusahakan penggunaan energi listrik dalam waktu yang secukupnya/tidak berlebihan ( berlaku kecuali kulkas karena harus difungsikan setiap hari 24 jam). Karena semakin lama waktu penggunaan energi listrik dalam menggunakan benda elektronik, maka energi listrik yang dihabiskan/dipakai semakin besar.


4. Penggunaan lampu hanya pada saat kebutuhan penerangan tidak        tercukupi

Sebagai bentuk penghematan energi listrik, kita harus mengusahakan hanya menggunakan lampu ketika memang sinar matahari tidak dapat mencukupi kebutuhan peneranganmu maupun malam hari.


5. Menghemat air berarti menghemat listrik

Biasanya kita menggunakan air PDAM maupun air sumur dengan menggunakan pompa air untuk memompa air tersebut sampai ke benda-benda yang mengeluarkan maupun menggunakan air (keran, shower,dll). Pompa air tersebut menggunakan energi listrik untuk membuatnya dapat berfungsi, jadi jika kita melakukan pemborosan air, maka kita harus menyalakan pompa air berkali-kali karena air habis terus menerus, dan hal tersebut membuat penggunaan energi listrik yang berlebihan untuk pompa air. Oleh karena itu, menghemat air juga berguna untuk menghemat listrik.


Nah, demikian adalah cara-cara kita untuk menghemat energi listrik. Jangan hanya dibaca maupun hanya di copy paste untuk menjawab sebuah soal, melainkan diaplikasikan/dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. 


0 komentar:

Posting Komentar

Puisi "Sungai Masa Lampau" by GJP NUP LBS

  Sungai Masa Lampau   Dalam sunyi, ku pergi menepi Menatap sungai mengalir derasnya Ku pandang pantulan wajahku Kacau tampaknya, ...